DETAIL BERITA

TRANSAKSI NON TUNAI

TRANSAKSI NON TUNAI


POTENSI BISNIS DI DAERAH YANG DAPAT DIDUKUNG PERBANKAN DALAM TRANSAKSI NON TUNAI

Potensi Bisnis di Daerah, terutama Koperasi, UKM dalam memanfaatkan peluang Pariwisata, Jasa Service, Cattering diantaranya memperluas cakupan serta meningkatkan pelayanan terbaik bagi konsumen.

 

Transaksi non-tunai juga dapat meningkatkan produktivitas bisnis dengan memungkinkan pelaku usaha untuk dapat melakukan pelacakan aliran transaksi secara lebih valid.

 

PENGELUARAN DAERAH NON TUNAI-PENGGUNAAN UP

INTERNET BANKING CORPORATE

Layanan Internet Banking Corporate digunakan oleh Pemda untuk melakukan transaksi pembayaran belanja tanpa harus datang ke Bank. Untuk keamanan transaksi menggunakan Hard Token, dimana Hard Token dipegang oleh Bendahara Pengeluaran SKPD sebagai Maker dan PPK-SKPD sebagai Approval.

Catatan:

Batas maksimal penggunaan Uang Persediaan secara tunai per

hari contoh :  sebesar lima juta rupiah.

 

SP2D Online (UP/GU/TU/LS)

Layanan pencairan SP2D secara Host to Host antara APLIKASI KEUDA dengan Sistem BPD sehingga mengurangi kesalahan input, memudahkan rekonsiliasi dan mempercepat proses pencairan SP2D.

 

KETENTUAN LAIN-LAIN

  1. Biaya jasa layanan yang ditimbulkan atas transaksi penerimaan daerah dibebankan pada pembayar sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  2. Biaya jasa layanan yang ditimbulkan atas transaksi pengeluaran daerah dibebankan pada penerima transfer sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  3. Untuk transfer ke banyak penerima (> 20 nomor rekening) dapat menggunakan Standing Instruction melalui surat yang diajukan oleh Pengguna Anggaran kepada Bank.
  4. Untuk mengakomodir pembayaran honor kepada pihak eksternal dalam jumlah banyak dapat diakomodir melalui Koordinator yang ditunjuk oleh Pengguna Anggaran.
  5. Pembayaran atas pajak belanja GU menggunakan mekanisme yang telah ditentukan oleh Bank.