DETAIL BERITA

BIMTEK PENGANGGARAN, PENATAUSAHAAN DAN PELAPORAN DANA BOS SECARA ONLINE KABUPATEN LOMBOK UTARA

BIMTEK PENGANGGARAN, PENATAUSAHAAN DAN PELAPORAN DANA BOS SECARA ONLINE KABUPATEN LOMBOK UTARA


Gangga KLU (11-11-19), Seluruh Bendahara BOS/Operator BOS SD dan SMP di Kabupaten Lombok Utara mendapatkan Bimbingan Teknis (Bimtek) penganggaran, penatausahaan dan pelaporan secara ONLINE yang dilaksanakan secara simultan selama 6 hari. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara BPKAD Lombok Utara dengan Dinas DIKPORA Lombok Utara.

 

Bimtek ini sebagai wujud untuk maju, tertib, dan aman. Melalui aplikasi BOS ONLINE, Peserta di asistensi mulai dari cara pengisian anggaran, penatausahaan sampai dengan pelaporan sesuai dengan amanat SE Kemendagri Nomor 971-7791 Tahun 2018 tentang PetunjuK Teknis Penganggaran, Pelaksanaan Dan Penatausaaan Serta Pertanggungjawaban Dana Bantuan Operasional Sekolah Satuan Pendidikan Dasar Negeri yang Diselenggarakan Oleh Kabupaten/Kota Pada Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah.

Atas SE tersebut di tindaklanjuti dengan Perbup Nomor 52 Tahun 2018 tentang Sistem dan Prosedur Akuntansi dan Pelaporan Penerimaan dan Pengeluaran Daerah yang Tidak Melalui Kas Daerah.

Aplikasi ini akan mempermudah perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan dari berbagai program kegiatan dengan harapan hasil yang diperoleh juga lebih efektif dan akurat, sehingga akan lebih aman dan terhindar dari kesalahan administrasi dan salah saji ketika disajikan dalam Laporan Keuangan Pemerintah Daerah.

Pelatihan ini untuk mengoptimalisasi pengelolaan dana BOS reguler dengan Pemanfaatan Teknik Informasi Menuju Pelaporan Dana BOS Reguler Terintegrasi dengan Laporan Keuangan Daerah, Laporan pengelolaan dana BOS terpusat pada 1 sistem yang memermudah dalam integrase dengan aplikasi keuangan yang digunakan untuk diaudit oleh Lembaga audit internal maupun eksternal.

Bimtek dengan  system asistensi/simulasi penyusunan anggaran, penatausahaan pendapatan, penatausahaan belanja, penatausahaan pajak, buku bank, buku kas umum, buku kas tunai, cara membuat SP3B dan cara mengakses laporan BOS sesuai dengan amanat undang-undang (Artikel: Bidang Akuntansi/ Foto: Bidang Akuntansi)